Saturday, December 6, 2014

Cara Menggunakan Fungsi VLOOKUP

VLOOKUP adalah fungsi pada Excel yang digunakan untuk melakukan pencarian nilai dari suatu tabel/ range referensi, fungsi VLOOKUP ini digunakan untuk membaca tabel sumber yang berbentuk tegak lurus (Vertikal). Bentuk umum dari fungsi ini adalah sebagai berikut:
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)
Keterangan:
  • lookup_value       : nilai yang akan dicari ke table_array
  • table_array         : range nilai dimana terdapat nilai yang dicari
  • col_index_num     : indeks kolom yang dicari
  • range_lookup       : berisi nilai 0 atau 1, Nilai 1 artinya jika tidak ada nilai yang cocok, maka akan dicari pendekatannya, Nilai 0 artinya jika tidak ada nilai yang cocok , maka hasil tidak akan keluar, jika range _lookup tidak diisi maka dianggap mempunyai Nilai 1.



 Langkah pengisian Nama Barang
  1. Tempatkan penunjuk sel pada C4
  2. Ketik rumus =VLOOKUP(B4,$F$4:$H$7,2) 
  3. Copy hasil tersebut sampai data akhir
 

 Langkah Pengisian Harga Satuan
  1. Tempatkan penunjuk sel pada sel D4
  2. ketikan rumus  =VLOOKUP(B4,$F$4:$H$7,3)
  3. copy hasil tersebut sampai data akhir

No comments:

Post a Comment